Selamat Datang di Lulur Sabun Hand Made

Kami memproduksi sabun mandi dengan sistem buatan tangan (Handmade), yang komposisinya murni natural, herbal, aman untuk kulit dari mulai bayi sampai dewasa, dengan aroma terapi dan manfaat lainnya efektif membersihkan kulit, menjaga kelembaban, melindungi kulit dari penyakit, menyembuhkan kulit yang berpenyakit, serta melindungi dari efek lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Dan masing-masing komposisinya yang merupakan herbal natural kami ulas secara tersendiri dari fungsi dan kegunaannya, semoga bermanfaat.

13 September 2008

MINYAK JARAK (Castor Oil)

Minyak jarak adalah minyak nabati yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak (Ricinus communis). Dalam bidang farmasi dikenal pula sebagai minyak kastroli.
Minyak ini serba guna dan memiliki karakter yang khas secara fisik. Pada suhu ruang minyak jarak berfasa cair dan tetap stabil pada suhu rendah maupun suhu sangat tinggi. Minyak jarak diproduksi secara alami dan merupakan trigliseridaasam ricinoleat. Minyak jarak juga merupakan sumber utama asam sebasat, suatu asam dikarboksilat. yang mengadung 90%
Pemanfaatan minyak jarak dan turunannya (derivat) sangat luas dalam berbagai industri: sabun, pelumas, minyak rem dan hidrolik, cat, pewarna, plastik tahan dingin, pelindung (coating), tinta, malam dan semir, nilon, farmasi (1% dari total produk dunia), dan parfum.
Racun ricin merupakan produk sampingan dari proses pengolahan minyak jarak.
Sebagai bahan farmasi, minyak jarak atau minyak kastroli (nama yang redundan!) digunakan untuk menetralisasi rasa kembung (konstipasi) dan merangsang pemuntahan. Konsumsi tinggi (di bawah dosis letal) minyak ini pada perempuan yang siap melahirkan dapat menginduksi persalinan.
KANDUNGAN KIMIA: Biji : Minyak ricinic 40- 50 % dengan kandungan glyceride dari ricinoleic acid, isoricinoleic acid, oleic acid, linolenic acid, dan stearic acid. Juga mengandung ricinine, sejumlah kecil cytochrome C, Lipase dan beberapa enzym. Disamping ricin D, dengan cara pemurnian bertingkat didapat acidic ricin dan basic ricin. Daun: Kaemferol-3-rutinoside, nicotiflorin, isoquercitrin, rutin, kaempferol, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, vit.C 275 mg %. Minyak: Ricinoleic acid 80%, palmitic acid, stearic acid, linoleic acid, linolenic acid, dihydroxystearic acid, triricinolein 68,2%, diricinolein 28%, monoricinolein 2,9%, nonricinolein 0,9%. Akar: Methyltrans-2-decene-4,6,8-triynoate, 1-tridecene-3,5,7,9,11-pentyne, Beta-sitosterol.

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Kanker rahim, Kank. kulit, Sulit buang air besar, Sulit. Melahirkan, ; TBC, Bisul, Koreng, Scabies, Infeksi jamur, Jerawat, lumpuh otot muka; Gatal, Batuk, Hernia, Bengkak, Reumatik, Tetanus, Bronkhitis;

SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUAT SABUN

Minyak Jarak sangat baik digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sabun mandi karena mempunyai sifat melindungi kelembaban kulitnya sangat tinggi, disamping mempunyai kadar busa yang santa tinggi pula. Hasil Penelitian :

  • Hardnes : 0 %;
  • Cleansing : 0 %;
  • Condition : 98 %;
  • Bubbly : 90 %;
  • Creamy : 90 %;
  • Iodine : 86 %;
  • INS : 95 %.
Sesuai tersebut diatas, maka minyak jarak sangat cocok digabungkan dengan minyak kelapa dengan perbandingan komposisinya yg tepat untuk membuat sabun mandi dengan kualitas yang sangat baik.

4 komentar:

Vera Silvya mengatakan...

hi, salam kenal... di mana ya saya bisa mendapatkan minyak jarak murni? saya pengen mencoba untuk OCM (oil cleansing method)... thanksd

Dana Prawira mengatakan...

hi salam kenal...saya mau tahu kandungan kimia apa yang membuat kadar busa dalam sabun dari minyak jarak sangat tinggi????...thanks

Anonim mengatakan...

hi salam kenal aku arti ,,,aku mau membuat sabun herbal dari minyak jarak ,caranya gimana ya???
tolong dibalas ya

Unknown mengatakan...

saya menjual minyak castor produksi perusahaan ternama dimindonesia, yg sudah melalui proses RBD (Refine, Bleaching,Deodorist) melayani pesanan dengan spesifikasi khusus.
silahkan email ke kikis_satya@yahoo.co.id
kikissatya@gmail.com